Berhijab? Itu bukan Masalah Hati, Melainkan Tanda Cintamu Terhadap Dirimu.

Halo sobat ensiklopedia, selamat berjumpa kembali di ensiklopedia harian, kali ini menanggapi isu yang lagi hangat-hangatnya nih, seorang artis yang penulis juga sempat kagumi namun eh,,,kenyataannya malah seperti itu. Yups, fenomena hijab (baca:kerudung) ternyata sudah banyak terjadi dikalangan masyarakat. Banyak yang berdalih bahwa hijab itu masalah hati, wew sadarlah para wanita "setidaknya engkau sudah berusaha menjadi lebih baik dengan menjaga auratmu". Penulis bukan seorang ustad ya, jadi kita liat dari aspek nalar terlebih dahulu.

Usut punya usut, ternyata berhijab itu banyak manfaatnya lho kenapa? nih coba simak 5 manfaat hijab dari segi kesehatan:


1. Melindungi kulit dari terbakarnya sinar matahari (sunburn)

Seperti yang kita ketahui sinar matahari bermanfaat untuk kulit yaitu untuk mensintesis kalsium untuk kesehatan tulang. Tapi ada akibat buruk juga untuk kulit. Sunburn terjadi akibat sengatan sinar matahari atau UV melebihi dari daya tahan tubuh. Kulit yang berwarna cerah lebih rentan terhadap sunburn dari pada kulit coklat karena kadar melatonin (untuk menjaga kulit dari sinar UV) lebih rendah daripada kulit coklat. Kulit cerah hanya bertahan kurang dari 15 menit setelah terkena sinar matahari. Sedangkan pada kulit coklat dapat bertahan 3-9 jam.

Gejala sunburn tidak terlihat langsung tapi 6-48 jam setelah terpapar sinar matahari. Kulit akan terasa terbakar dan berwarna merah. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakkan kulit, yang tersering adalah kulit kaki.


2. Mencegah kanker kulit


Hampir semua penyebab kanker kulit adalah terkena matahari. Penderita sunburn lebih berpotensial terkena kanker kulit karena dapat mengubah DNA menjadi tumor kulit yang menyebabkan kanker kulit. Kulit yang terpapar sinar matahari secara berkala seperti berjemur dibawah sinar matahari dengan pakaian yang minim dapat menyebabkan kehilangan antibodi secara berkala sehingga tubuh kekurangan kekuatan untuk melawan pertumbuhan sel-sel kanker. Pada penelitian lain menyatakan bahwa wanita yang berpakaian ketat atau yang transparan dapat meningkatkan resiko kanker milanoma.


3.  Antibodi bagi wanita

Tubuh wanita lebih sensitif dibanding tubuh laki-laki. Siklus menstruasi dapat mempengaruhi kantong-kantong ASI pada ibu menyusui. Rahim sebelah kanan menghubungkan payudara sebelah kiri, dan rahim sebelah kiri menghubungkan payudara sebelah kanan. ASI mengandung vitamin dan vaksinasi. ASI dilindungi oleh enzim dari seluruh tubuh. Manfaat jilbab bagi kesehatan wanita melindungi enzim tersebut agar tidak pecah yang langsung terdapat antibodi dan antibiotik.


4. Memperlambat Penuaan Dini Kaum Wanita
Proses penuaan adalah kondisi alamiah yang dialami setiap orang termasuk wanita. Selain disebabkan pola makan dan gaya hidup yang dijalani, proses penuaan pada seseorang juga karena disebabkan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari ternyata dapat merangsang keluarnya sel-sel melanin dalam kulit dan menyebabkan rusaknya jaringan elastin dan kolagen pada kulit. Bila hal itu terjadi, maka kulit menjadi tidak lentur lagi alhasil kemudian timbulah keriput pada kulit sebagai gejala awal penuaan dini pada seseorang. Dengan berhijab, seorang wanita akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV matahari dibandingkan bila memakai cream pelindung kulit atau sejenisnya, juga dapat menjaga memutihkan wajah dan kulit anda.

5. Hijab Dapat Menjaga Kesehatan Rambut Wanita

Kesehatan rambut wanita yang berhijab akan lebih terjaga, hal ini disebabkan hijab yang dipakai akan melindungi rambut dari sinar matahari secara langsung, radikal bebas, polusi dan debu yang dapat merusak rambut. Menggunakan hijab adalah salah satu solusi para wanita dalam menjaga dan memilihara kesehatan rambut dari berbagai kerusakan ataupun ketombe.

 
 
Selain beberapa poin diatas, teman-teman pasti banyak setuju bahwa kita lebih respek dan menghargai pandangan kita pada wanita yang berhijab. Menurut penelitian ternyata berhijab itu bisa meningkatkan kecantikan seseorang wanita 20-50 persen loh. So, tunggu apalagi, sayangi dirimu karena hijab sejatinya adalah tanda rasa cintamu terhadap dirimu dan penciptamu. 

Untuk dari segi agama, pasti banyak yang tahu hukumnya berhijab itu seperti apa. Simak video berikut, dari ahlinya langsung:

 

Semoga kita selalu istiqomah ya sobat ensiklopedia, bagi yang tidak keberatan boleh di share artikel ini ke sodara-sodaranya sebagai ladang amal jariah yang pahalanya tidak akan pernah putus dan agar tetap istiqomah dalam hal kebaikan.


0 comments:

Posting Komentar