Makanan yang Baik Saat Sahur

Selamat berjumpa kembali sahabat ensiklopedia harian, kali ini bertepatan dengan bulan puasa dimana seluruh umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa, kami segenap dari redaksi ensiklopedia harian mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita bisa menjalankannya dengan lancar selama satubulan kedepan. Kali ini ensiklopedia harian memiliki tips dan trik bagaimana agar puasa kita bisa tetap terlihat bugar dan sehat meskipun kita beraktifitas sangat padat pada siang harinya. Memilih menu makan sahur yang tepat akan memberikan energi yang maksimal pada saat kita beraktifitas pada siang hari. Berikut ini adalah tips memilih makanan untuk menu makan sahur yang baik:
ilustrasi makanan sahur

1. Cukup karbohidrat
Pilihlah makanan untuk sahur yang cukup mengandung karbohidrat serta protein. Terutama protein nabati juga hewani. Sebagai lauk pauk, Anda bisa memilih daging atau ikan.

2. Usahakan dengan makanan yang baru (baru dimasak)
Apabila terpaksa ada makanan untuk buka puasa yang tersisa, jangan jadikan sisa makanan tersebut sebagai menu sahur. Karena makanan yang tidak baru lagi atau sisa akan mengurangi kandungan gizi dalam menu tersebut.

3. Hindari makanan yang berlemak
Kurangilah makanan-makanan berlemak seperti gorengan atau kuah santan, karena makanan tersebut akan berat untuk dicerna tubuh. Bila sudah demikian, tubuh Anda akan banyak mengeluarkan cairan, hasilnya Anda akan lebih cepat mengalami dehidrasi.

4. Perbanyak minum air putih
Jangan biarkan Anda dehidrasi selama puasa. Minumlah air putih sebanyak dan sesering mungkin di waktu sahur, berbuka dan jeda waktu antara buka dan sahur. Ingat, air juga merupakan sumber energi.

5. Hindari makanan yang terlalu manis
Makanan manis hanya cocok untuk menu berbuka puasa. Namun kebanyakan makan manis ketika makan sahur justru akan membuat tubuh lebih cepat merasa lapar ketika siang hari. Makanan manis memang berguna untuk memberikan energi, namun tidak untuk jangka waktu yang lama. Lebih baik Anda perbanyak makanan berserat.

6. Usahakan untuk minum susu
Minumlah susu sebagai pelengkap ketika sahur. Apalagi jika menu sahur Anda berat, minum susu berguna untuk meningkatkan stamina pada siang harinya.

7. Mengkonsumsi Buah-buahan
Berbagai sumber vitamin bisa didapatkan dari berbagai buah. Untuk sahur, apel dan anggur cukup ringan Anda konsumsi. Namun ingat, jangan makan berlebihan

Semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabt semua. Salam, Ensiklopedia Harian

4 comments:

  1. kalo aku mah cuma minum air sirop gan, gak minat mau makan yang lain hehehe

    BalasHapus
  2. ahahaha kalo gw pake obat mag aja biar kuat

    BalasHapus
  3. Emmmh maksiiih buat tips ramadhaan.a gaan
    Insyaallah thu bermanfaat

    BalasHapus
  4. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : [email protected]
    - EMAIL : [email protected]
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus