Mau Install OS tanpa CD Drive??? Bisa Kok

Ensiklopedia Harian Lover,

Selamat berjumpa kembali ensiklopedia techno, pada kesempatan kali ini sahabat ensiklopedia ada yang bertanya kurang lebih kalo dengan bahasa lainnya seperti ini "Gan,,,,bahas lagi dong masalah komputer, kebetulan saya ada masalah dengan komputer,,,saya ingin install os windows, tapi ga punya CD drive...caranya gimana gan??? mohon dengan sangat, urgen nih gan" ensiklopedia techno merasa tergerak hatinya perihal tersebut (hehehe,,,,dapat hidayah kali yak?) dan memutuskan tidak ada salahnya, karena ensiklopedia diciptakan untuk membantu sahabat-sahabat ensiklopedia techno semua. Langsung saja, sekalian kita pecahkan permasalahannya yak. Mungkin kalo kita jawab permasalahan tadi dengan bilang "Pake cd drive eksternal saja mas," terpecahkan sudah permasalahnnya yak. Namun pertanyaan kembali muncul, cd os nya kadang macet tengah jalan (zzz,,,emang cd bisa jalan ya?? kaya manusia aja,,,hehehe) atau cd drivenya eksternalnya ga punya lah dan sejuta alasan pun bermunculan. Hmmm,,,,mungkin kalo pakai flashdisk gimana?? hari gini siapa yang ga punya flashdisk?? kalo juga tidak punya bisa pinjam teman kan. Ok masalah tidak punya perangkat terpecahkan. Terus bagaimana caranya? apa langsung di copy kan saja osnya ke Flashdisk??? Zzzz,,,emang film tinggal di copy??? Uppsss...ingat ya sahabat ensiklopedia techno semua, pada saat kita install os, kita main di area bios, Jadi file yang tidak sesuai format akan tidak terbaca. Lalu solusinya? Sebenarnya ada banyak solusinya, tapi kita akan menggunakan solusi yang paling mudah untuk permasalahan tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut yak:

1. Kita mesti memiliki program untuk mengekstrak agar Flashdisk kita jadi bootable, ensiklopedia techno sarankan menggunakan program wintoflash kalo belum punya bisa di download disini sahabat ensiklopedia techno dan pilih yang versi beta saja. 


2. Install program tersebut atau tinggal ekstrak jika versinya yang portable. Kebetulan ensiklopedia techno menggunakan versi dua-duanya (hehehe...maruk dikit) 


3. Buka program dan pilih mode wizard mode 


4. Tinggal next saja, dan pilih dimana kita OS tersebut (all about OS, winXP, win7, win8 etc)

5. Pilih Flashdisk yang akan dijadiakan bootable.



6. Tunggu sampai program selesai mengekstrak (Biasanya 10-30 menit) tergantung dari komputer yang digunakan (kalo ensiklopedia techno butuh waktu 7 menit saja hehehe cepet kan)

7. Setelah selesai, tampilan flashdisk akan menjadi seperti berikut, itu menunjukan bahwa proses ekstrak berjalan lancar dan flashdisk bisa langsung digunakan untuk bootable.  



Note: Jika, terjadi error selama pengekstrakan ke flashdisk, lakukan langkah 3 sampai 7 sampai benar benar tidak terjadi error.

Hmmm...mudahan-mudahan bisa membantu buat sahabat-sahabat ensiklopedia techno yang mengalami masalah instalasi yang terbatas. Sssstt,,,segitu saja dulu tips techno dari ensiklopedia kali ini yak, jika ada yang mau ditanyakan, masuk saja forum yak.

InsyaAllah, ensiklopedia techno bantu sebisanya.

Selalu berbagi mengenai hal-hal baik, agar kita menjadi pribadi yang lebih baik. Sampai berjumpa lagi di edisi lainnya di Ensiklopedia Harian  

1 comments: