Variant Windows 7


Hai sahabat-sahabat ogkpoenya kemarin ada email yang masuk request, pesannya seperti ini "Mas...postingannya tentang dunia IT juga dong...pengen tahu saya apa lagi tentang windows 7 itu mas" hmmm saya pikir ada benarnya juga ya.....selain rohani kita juga mendapat pencerahan kita juga mengetahui tentang dunia IT yang berkembang sehingga sukses dunia dan akhirat dapat kita capai....amiennnnnn
Sesuai dengan requestnya (request itu permintaan ya??? Hehehe :) maklum newbie dalam bahasa inggris) saya akan membahas mengenai variant dari Windows 7. Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil,Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain.
Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista. Variant Windows 7

Windows 7 terdiri dari 6 variant, sebagai berikut:

1. Windows 7 Starter Edition
2. Windows 7 Home Basic
3. Windows 7 Home Premium
4. Windows 7 Professional
5. Windows 7 Enterprise
6. Windows 7 Ultimate

1. Windows 7 Starter Edition

Windows 7 Starter Edition adalah sebuah versi Windows 7 yang memiliki fitur paling sedikit. Tema Windows Aero Desktop yang menjadi ciri dari Windows 7 saja tidak terdapat di dalamnya. Windows 7 Starter Edition hanya ada dalam versi 32-bit, dan tidak memiliki versi 64-bit. Wallpaper desktop juga tidak dapat diganti oleh pengguna. Karena itulah, edisi ini hanya tersedia pada komputer yang dijual oleh para OEM.

2. Windows 7 Home Basic

Windows 7 Home Basic merupakan sebuah versi Windows 7 yang ditujukan untuk beberapa pasar di negara yang sedang bekembang, seperti Bangladesh, Brazil, Republik Rakyat Cina, India, Indonesia, Meksiko, Pakistan, Filipina, dan Thailand. Di beberapa negara maju, seperti Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Arab Saudi, Belanda, Uni Emirat Arab, dan Jepang, tidak ada versi Windows 7 Home Basic. Windows Aero beberapa fiturnya telah masuk ke dalam Windows 7 Home Basic, tapi beberapa fitur tidak diaktifkan.

3.Windows 7 Home Premium

Windows 7 Home Premium adalah sebuah varian Windows 7 yang ditujukan untuk segmen komputer rumahan. Fiturnya lebih lengkap ketimbang dua versi sebelumnya, dengan ditambahi Windows Media Center, Windows Aero Desktop (lengkap) dan beberapa kontrol untuk layar sentuh.

4. Windows 7 Professional

Windows 7 Professional adalah sebuah varian Windows 7 yang ditujukan untuk para pengguna antusias dan bisnis. Semua fitur dari Windows 7 Premium telah dimilikinya, dan bisa juga dimasukkan ke dalam sebuah domain berbasis Windows Server. Fitur tambahan juga dimiliki oleh Windows 7 Professional, seperti dapat berioerasu nebhadu server Remote Desktop, Encrypting File System, Presentation Mode, Software Restriction Policies (tapi bukan AppLocker) dan Windows XP Mode.

5. Windows 7 Enterprise

Windows 7 Enterprise merupakan sebuah varian Windows 7 yang ditujukan untuk segmen perusahaan, dan hanya dijual melalui Volume Licensing kepada perusahaan yang telah memiliki kontrak Software Assurance dari Microsoft. Tambahan fiturnya antara lain BitLocker Drive Encryption, BitLocker to Go, dukungan aplikasi UNIX melalui Subsystem for UNIX Application (SUA), dan Multilingual User Interface (MUI). Versi ini tidak dijual dengan cara ritel atau OEM.

6. Windows 7 Ultimate Edition

Windows 7 Ultimate Edition merupakan versi terbaik dari windows 7 karena mengandung semua versi Windows 7 Enterprise, tapi tidak seperti Windows 7 Enterprise, versi ini tersedia untuk para pengguna rumahan biasa dengan menggunakan lisensi individual. Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Professional dapat saja meng-upgrade ke Windows 7 Ultimate dengan menggunakan Windows Anytime Upgrade, tentu saja dengan mengeluarkan biaya. Tidak seperti Windows Vista Ultimate yang menawarkan Ultimate Extras, Windows 7 Ultimate tidak menawarkannya.

sumber: wikipedia.org

2 comments:

  1. mas, saya menggunakan W 7 home premium jika ingin meng up grade menjadi W 7 Ultimate caranya bagaimana?
    terimakasih

    BalasHapus
  2. @anonim caranya mudah kok.....kalo mas w7nya yang asli, tinggal dilihat dilayanan updatenya....disana ada pilihan untuk upgrade windows ke versi terbarunya.....ato bisa kunjungi ke web microsoftnya sendiri tapi tentu ada biayanya.....untuk yang gratisnya juga bisa....tapi ga mungkin saya post disini nanti ketahuan orang microsoft, saya ditangkep deh....hehehehe

    BalasHapus