Sedekah

Sedekah adalah perbuatan dengan pahala yang dijanjikan langsung oleh Allah. Sebuah kebajikan dengan pahala yang jelas-jelas dijanjikan jumlahnya merupakan ibadah yang tidak bisa dianggap remeh. Sedekah diyakini dan memang terbukti bisa menghindarkan diri dan keluarga kita dari berbagai macam bencana dan kefakiran. Telah banyak kisah nyata sedekah yang bisa didapatkan di internet atau di web saya diantaranya; keajaiban sedekah bagi bisnis kita, sedekah dengan uang terakhir, sedekah nekat.


Ustad Yusuf mansyur menyebut pahala sedekah dengan istilah matematika sedekah. Sesuai yang dijanjikan Allah, setiap sedekah yang dikeluarkan oleh manusia akan dibalas 10 hingga 100 kali lipat atau bahkan 1000 kali lipat secara langsung. Ini tidak main-main! Bahkan sudah banyak yang membuktikan hal ini.

Sedekah dengan pahala yang jelas dan berbagai kisah nyata yang banyak diamali banyak orang setelah menyedekahkan hartanya membuat kekhawatiran saya muncul. Saya khawatir, dengan pahala sedekah yang nyata tersebut justru membuat manusia terlena dan hanya mengharapkan pengembalian yang berlipat saat selesai bersedekah. Saya khawatir manusia justru akan berfikir untung rugi dalam bersedekah.

Jika mengeluarkan 100 ribu nanti pasti akan dapat rejeki 1 juta dalam beberapa hari, jika mengeluarkan 1 juta pasti akan mendapatkan 10 juta dalam beberapa hari. Begitu seterusnya…. Itulah matematika sedekah.

Harapan saya, semoga kita semua tidak terlena dengan balasan nyata sedekah itu, saat bersedekah hendaknya seperti membuang kotoran. Tujuan membuang kotoran adalah membersihkan tubuh dari racun dan tidak akan pernah berharap kotoran itu akan kembali pada kita. Marilah kita senantiasa mengucap istiqfar agar kita selalu terlindung dari jebakan nikmat sedekah. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar