Standup Lucu, untuk penyegaran otak


Tertawa dulu ya sahabat ensiklopedia, semoga bermanfaat. . .

Berhijab? Itu bukan Masalah Hati, Melainkan Tanda Cintamu Terhadap Dirimu.

Halo sobat ensiklopedia, selamat berjumpa kembali di ensiklopedia harian, kali ini menanggapi isu yang lagi hangat-hangatnya nih, seorang artis yang penulis juga sempat kagumi namun eh,,,kenyataannya malah seperti itu. Yups, fenomena hijab (baca:kerudung) ternyata sudah banyak terjadi dikalangan masyarakat. Banyak yang berdalih bahwa hijab itu masalah hati, wew sadarlah para wanita "setidaknya engkau sudah berusaha menjadi lebih baik dengan menjaga auratmu". Penulis bukan seorang ustad ya, jadi kita liat dari aspek nalar terlebih dahulu.

Usut punya usut, ternyata berhijab itu banyak manfaatnya lho kenapa? nih coba simak 5 manfaat hijab dari segi kesehatan:


1. Melindungi kulit dari terbakarnya sinar matahari (sunburn)

Seperti yang kita ketahui sinar matahari bermanfaat untuk kulit yaitu untuk mensintesis kalsium untuk kesehatan tulang. Tapi ada akibat buruk juga untuk kulit. Sunburn terjadi akibat sengatan sinar matahari atau UV melebihi dari daya tahan tubuh. Kulit yang berwarna cerah lebih rentan terhadap sunburn dari pada kulit coklat karena kadar melatonin (untuk menjaga kulit dari sinar UV) lebih rendah daripada kulit coklat. Kulit cerah hanya bertahan kurang dari 15 menit setelah terkena sinar matahari. Sedangkan pada kulit coklat dapat bertahan 3-9 jam.

Gejala sunburn tidak terlihat langsung tapi 6-48 jam setelah terpapar sinar matahari. Kulit akan terasa terbakar dan berwarna merah. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakkan kulit, yang tersering adalah kulit kaki.


2. Mencegah kanker kulit


Hampir semua penyebab kanker kulit adalah terkena matahari. Penderita sunburn lebih berpotensial terkena kanker kulit karena dapat mengubah DNA menjadi tumor kulit yang menyebabkan kanker kulit. Kulit yang terpapar sinar matahari secara berkala seperti berjemur dibawah sinar matahari dengan pakaian yang minim dapat menyebabkan kehilangan antibodi secara berkala sehingga tubuh kekurangan kekuatan untuk melawan pertumbuhan sel-sel kanker. Pada penelitian lain menyatakan bahwa wanita yang berpakaian ketat atau yang transparan dapat meningkatkan resiko kanker milanoma.


3.  Antibodi bagi wanita

Tubuh wanita lebih sensitif dibanding tubuh laki-laki. Siklus menstruasi dapat mempengaruhi kantong-kantong ASI pada ibu menyusui. Rahim sebelah kanan menghubungkan payudara sebelah kiri, dan rahim sebelah kiri menghubungkan payudara sebelah kanan. ASI mengandung vitamin dan vaksinasi. ASI dilindungi oleh enzim dari seluruh tubuh. Manfaat jilbab bagi kesehatan wanita melindungi enzim tersebut agar tidak pecah yang langsung terdapat antibodi dan antibiotik.


4. Memperlambat Penuaan Dini Kaum Wanita
Proses penuaan adalah kondisi alamiah yang dialami setiap orang termasuk wanita. Selain disebabkan pola makan dan gaya hidup yang dijalani, proses penuaan pada seseorang juga karena disebabkan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari ternyata dapat merangsang keluarnya sel-sel melanin dalam kulit dan menyebabkan rusaknya jaringan elastin dan kolagen pada kulit. Bila hal itu terjadi, maka kulit menjadi tidak lentur lagi alhasil kemudian timbulah keriput pada kulit sebagai gejala awal penuaan dini pada seseorang. Dengan berhijab, seorang wanita akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV matahari dibandingkan bila memakai cream pelindung kulit atau sejenisnya, juga dapat menjaga memutihkan wajah dan kulit anda.

5. Hijab Dapat Menjaga Kesehatan Rambut Wanita

Kesehatan rambut wanita yang berhijab akan lebih terjaga, hal ini disebabkan hijab yang dipakai akan melindungi rambut dari sinar matahari secara langsung, radikal bebas, polusi dan debu yang dapat merusak rambut. Menggunakan hijab adalah salah satu solusi para wanita dalam menjaga dan memilihara kesehatan rambut dari berbagai kerusakan ataupun ketombe.

 
 
Selain beberapa poin diatas, teman-teman pasti banyak setuju bahwa kita lebih respek dan menghargai pandangan kita pada wanita yang berhijab. Menurut penelitian ternyata berhijab itu bisa meningkatkan kecantikan seseorang wanita 20-50 persen loh. So, tunggu apalagi, sayangi dirimu karena hijab sejatinya adalah tanda rasa cintamu terhadap dirimu dan penciptamu. 

Untuk dari segi agama, pasti banyak yang tahu hukumnya berhijab itu seperti apa. Simak video berikut, dari ahlinya langsung:

 

Semoga kita selalu istiqomah ya sobat ensiklopedia, bagi yang tidak keberatan boleh di share artikel ini ke sodara-sodaranya sebagai ladang amal jariah yang pahalanya tidak akan pernah putus dan agar tetap istiqomah dalam hal kebaikan.


Alternatif Olahraga Bagi yang Malas. . .

Halo sobat ensiklopedia, bagaimana kabarnya hari ini??? semoga sehat selalu ya,,,ini ada pertanyaan yang selalu masuk ke redaksi ensiklopedia yaitu, "bagaimana cara mengatasi rasa malas???". 
Hmm...hampir semua orang tentunya pasti pernah mengalami rasa malas. Penulis juga sering lho dilanda rasa malas. Dari mulai malas ngerjain sesuatu, malas tidur, sampe malas makan juga. Yups, Terus bagaimana cara mengatasinya? Mungkin banyak sekali yang memberikan jawaban dan beraneka macam cara jitu untuk mengtasi masalah tersebut. Kalo penulis lebih suka menyalurkannya lewat keringat dengan berolahraga. 
 Nah, sampe disini muncul pertanyaan baru bagaimana jika buat olahraga aja kita malas? Disini penulis mempunyai beberapa olahraga yang cocok bagi yang malas, tidak terlalu wow tapi effectnya bisa membuat mood kita kembali baik dan malas pun hilang. Berikut olahraga ringan, untuk menghilangkan rasa malas:


1. Berjalan kaki
Berjalan kaki bisa menjadi salah satu olahraga pilhan dan pas untuk kamu yang malas bergerak. Olahraga ini sangat mudah dilakukan di manapun dan kapanpun. Tak perlu jauh-jauh sampai ke taman kota. Keliling kompleks rumah pun sudah cukup.
Bahkan, kamu membeli makanan atau sayuran ke pasar dengan berjalan kakipun, sudah termasuk olahraga kaki lho. Jika kamu malas sendirian, kamu bisa mengajak saudara atau sahabatmu supaya lebih asyik. Selain mudah, olahraga ini juga mengasyikkan, bukan?


 
2. Bersih-Bersih Rumah
Kamu masih bisa tetap bergerak meskipun malas berolahraga. Kamu bisa mengganti aktivitas olahraga dengan membersihkan rumah mulai dari menyapu, mengepel lantai, mencuci baju, atau juga menata kamar yang
berantakan. Tanpa disadari tubuh akan berkeringat. So simple bukan










3. Yoga
Ingin benar-benar memperoleh banyak manfaat kesehatan meski kamu malas bergerak? Coba saja yoga. Olahraga ini dilakukan dengan beberapa gerakan dan tak begitu banyak menguras tenaga, tapi tetap membuat tubuh jadi rileks dan tidur pun semakin nyenyak.
Coba saja lakukan gerakan legs-up the wall pose yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dari bagian tubuh atas ke kaki.


 

Bahaya Malas Bergerak

Malas bergerak bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Yang lebih parah, malas bergerak bisa menyebabkan penyakit stroke, jantung ,obesitas bahkan menyebabkan berkurangnya refleks tubuh.
 Sebuah studi baru menunjukkan tidak bergerak dengan cukup memiliki bahaya terhadap kesehatan yang sama seperti merokok. Dalam penelitian yang diterbitkan The Lancet, diketahui 5,3 juta kematian di seluruh dunia akibat kurang aktif secara fisik.

So, itu beberapa tips yang diterapkan penulis jika sedang malas, keep healthy ya sobat ensiklopedia. Semoga bermanfaat


Tips Mengatasi Perut Gendut

Halo ensiklopedia lover, bagaimana kabarnya hari ini?? semoga selalu sehat ya....Oh iya, belakangan ini, penulis mengalami masalah kesehatan, bukan sakit melainkan otot perut yang terlalu berlebih alias gendut (aka: buncit) :D.
Mungkin ada diantara kita atau bahkan banyak diantara kita mengalami hal yang serupa. Ternyata, perut yang gendut itu bukan tanda orang yang sehat lo sobat, didalam perut yang gendut terdapat banyak sekali bibit penyakit. 
 Hal sederhana yang dialami penulis ketika mengalami perut gendut adalah susahnya beraktifitas. Gampang capek, mudah keringetan dan yang paling menyedihkan adalah ketika buang air besar yang beberapa menit saja bagi yang mempunyai perut gendut aka buncit itu sangat menyiksa. Disini, penulis coba praktekan beberapa senam sederhana yang bisa kita lakukan dimana saja (tapi liat tempat juga ya, masa dipasar mau senam gini). 

Agar lebih mudah dipahami, coba kita liat beberapa gambar ini.

  Pada gambar disamping kiri, kita liat:
1. Kita berbaring dilantai yang datar,
2. Angkat kaki setinggi-tingginya, menyerupai hurup C (pada gambar a)
3. Turunkan pinggul, terus kaki diserong ke kanan 
4. Ikuti langkah langkah pada gambar ya.

Tidak jauh bedanya dengan gerakan sebelumnya, gerakan berikutnya tampak pada gambar, fungsi dari gerakan ini adalah untuk menghilangkan lemak-lemak yang berada di posisi perut bagian samping. Gimana sobat ensiklopedi? mudah bukan... 









Untuk gerakan berikutnya adalah gerakan yang menurut penulis anggap paling kerasa effectnya, yap gerakan setengah sit up ini cukup manjur untuk membakar dan mengempiskan perut yang buncit. 


So, bagaimana sobat ensiklopedia? kapan mau mulai senamnya?? hehe, semoga bermanfaat ya, eh iya bagi yang suka streaming, berikut panduan lengkapnya ya,





Cek this out:



Sampah Hati

Selamat berjumapa kembali sahabat ensiklopedia harian, kali ini ada artikel yang bagus sekali. Penulis sengaja kutip dari guru penulis untuk dibagikan kepada teman-teman semua.

Seorang laki-laki yg berbeda paham dengan seorang Guru mengeluarkan kecaman dan kata-kata kasar, meluapkan kebenciannya kepada Sang Guru.
Sang Guru hanya diam, mendengarkannya dengan sabar, tenang dan tidak berkata apa pun.
Setelah lelaki tersebut pergi, si murid yg melihat peristiwa itu dengan penasaran bertanya, _"mengapa Guru diam saja tidak membalas makian lelaki tersebut?"_
Beberapa saat kemudian, maka Sang Guru bertanya kepada si murid,
_“Jika seseorang memberimu sesuatu, tapi kamu tidak mau menerimanya, lalu menjadi milik siapa kah pemberian itu?”_
_“Tentu saja menjadi milik si pemberi”_, jawab si murid.
_“Begitu pula dengan kata-kata kasar itu”,_ tukas Sang Guru.
_“Karena aku tidak mau menerima kata-kata itu, maka kata-kata tadi akan kembali menjadi miliknya. Dia harus menyimpannya sendiri. Dia tidak menyadari, karena nanti dia harus menanggung akibatnya di dunia atau pun akhirat ; karena energi negatif yg muncul dari pikiran, perasaan, perkataan, dan perbuatan hanya akan membuahkan penderitaan hidup”._
Kemudian, lanjut Sang Guru, _” Sama seperti orang yg ingin mengotori langit dengan meludahinya. Ludah itu hanya akan jatuh mengotori wajahnya sendiri. Demikian halnya, jika di luar sana ada orang yg marah-marah kepadamu ... biarkan saja … karena mereka sedang membuang SAMPAH HATI mereka. Jika engkau diam saja, maka sampah itu akan kembali kepada diri mereka sendiri, tetapi kalau engkau tanggapi, berarti engkau menerima sampah itu.”_
_“Hari ini begitu banyak orang di jalanan yg hidup dengan membawa sampah di hatinya ( sampah kekesalan, sampah amarah, sampah kebencian,Egois dan lainnya )… maka jadilah kita orang yg BIJAK”_
Sang Guru melanjutkan nasehatnya :
_“Jika engkau tak mungkin memberi, janganlah mengambil”_
_“Jika engkau terlalu sulit untuk mengasihi, janganlah membenci”_
_“Jika engkau tak dapat menghibur orang lain, janganlah membuatnya sedih”_
_“Jika engkau tak bisa memuji, janganlah menghujat”_
_“Jika engkau tak dapat menghargai, janganlah menghina”_
_“Jika engkau tak suka bersahabat, janganlah bermusuhan”_
Saudaraku...
Inilah saatnya - setelah ditraining di bulan yg mulia selama sebulan - kita melatih diri untuk membuang semua sampah/Ego yg ada di hati kita ...
Marilah kita renungkan untuk diri kita masing-masing : mampukah kita mengikuti nasehat dan meneladani kebijakan Sang Guru ... ?
*******
* *Sebaik baik Manusia adalah yg berguna bagi Orang Lain*

sumber: Aa Gym

Semoga bermanfaat ya sahabat semua, eh iyaaa sekedar informasi juga ini ada tausiah bagus banget buat kita semua. Silahkan disimak juga ya.

Koin Penyok Nan Usang

Halo sahabat ensiklopedia harian lover, bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu ya,,,,kali ini kita coba berbagi kisah mengenai sesuatu yang bermanfaat. Mari kita coba simak kisah berikut.
Seorang lelaki berjalan tak tentu arah dengan rasa putus asa. Kondisi finansial keluarganya morat-marit. Saat menyusuri jalanan sepi, kakinya terantuk sesuatu.

Ia membungkuk & menggerutu kecewa. "Uh, hanya sebuah koin kuno yang sudah penyok usang lagi".
Meskipun begitu ia membawa koin itu ke bank. "Sebaiknya koin ini dibawa ke kolektor uang kuno", kata teller itu memberi saran. Lelaki itu membawa koinnya ke kolektor. Beruntung sekali, koinnya dihargai Rp.500 ribu.
Lelaki itu begitu senang. Saat lewat toko perkakas, dilihatnya beberapa lembar kayu obral. Dia pun membeli kayu seharga Rp. 500 ribu untuk membuat rak buat istrinya. Dia memanggul kayu tersebut dan beranjak pulang.
Di tengah perjalanan dia melewati bengkel pembuat mebel. Mata pemilik bengkel sudah terlatih melihat kayu bermutu yang dipanggul lelaki itu. Dia menawarkan lemari Rp. 2 juta untuk menukar kayu itu. Setelah setuju, dia meminjam gerobak untuk membawa pulang lemari itu.
Dalam perjalanan dia melewati perumahan. Seorang wanita melihat lemari yang indah itu & menawarnya Rp. 10 juta Lelaki itu ragu-ragu. Si wanita menaikkan tawarannya menjadi Rp. 15 juta. Lelaki itupun setuju.
Saat sampai di pintu desa, dia ingin memastikan uangnya. Ia merogoh sakunya dan menghitung lembaran bernilai Rp. 15 juta.
Tiba-tiba seorang perampok datang, mengacungkan belati, merampas uang itu, lalu kabur.
Istrinya kebetulan melihat dan berlari mendekati suaminya dan bertanya,
"Apa yang terjadi?"
"Engkau baik-baik saja kan? Apa yang diambil perampok tadi?"
Lelaki itu mengangkat bahunya dan berkata, "Oh bukan apa-apa. Hanya sebuah koin penyok yang kutemukan tadi pagi".
Bila kita sadar, kita tak pernah memiliki apapun, kenapa harus tenggelam dalam kepedihan yang berlebihan?
Sebaliknya, sepatutnya kita bersyukur atas segala yang telah kita miliki, karena ketika datang & pergi kita tidak membawa apa-apa.
Menderita karena melekat. Bahagia karena melepas.
Karena demikianlah hakikat sejatinya kehidupan, apa yang sebenarnya yang kita punya dalam hidup ini?
Tidak ada, karena bahkan napas kita saja bukan kepunyaan kita dan tidak bisa kita genggam selamanya.
Hidup itu perubahan dan pasti akan berubah.
Saat kehilangan sesuatu, kembalilah ingat bahwa sesungguhnya kita tidak punya apa-apa. Jadi "kehilangan" itu tidaklah nyata dan tidak akan pernah menyakitkan. Kehilangan hanya sebuah tipuan pikiran yang penuh dengan ke"aku"an. Ke"aku"an itulah yang membuat kita menderita.
Rumahku, hartaku, istriku, suami ku, anakku. Lahir tidak membawa apa-apa, meninggal pun sendiri, tidak bawa apa-apa dan tidak ngajak siapa-siapa.
Pada waktunya "let it go", siapapun yang bisa MELEPAS, tidak melekat, tidak menggenggam erat, maka dia akan BAHAGIA

Semoga sahabat ensiklopedia bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah tadi.